Thursday, January 12, 2012

CARA MENCABUT TULANG IKAN BOLU




Bandeng, ikan satu ini pernah bikin frustrasi juga. Dimana ada bandeng, daku pasti gak mau makan tuh ikan. Alergi sama durinya. Temen sebelah ada yg sampai mengalami peristiwa memalukan, dioperasi gara-gara nelan duri bandeng.. hik.hik.. memalukan. Sejak dulu paling-paling terpaksa memakan kalau udah di presto. Tapi ya itu, rasa bandeng presto berubah drastis dibandingkan bandeng yg langsung digoreng. Menurutku bandeng presto kurang sedap deh.
Akhirnya ada masa jg aku harus menerapkan kesaktianku… hehehe. Ikutan jg ngembangin teknik memasak demi catering. Dari salah satu teknik ada teknik pengolahan bandeng dengan cara menarik durinya (eit.. hati-hati salah ejaan Menarikdurinya bukan meni durinya) . Wah, edan benar, rasa bandeng tanpa duri emang sedap coii.
Cara menghilangkan duri bandeng adalah demikian :
Alat dan Bahan
  1. Lap / serbet dua buah
  2. Penset (seperti alat pencabut bulu kening - yang hujungnya tajam)
  3. Pisau yg tajam
Teknik mencabut duri.
  • Hilangkan dulu sisik bandeng, karena kalau duri udah ilang, malah susah membersihkan sisiknya. Kecuali jika memang bangsa kucing, silahkan digoreng ama sisik.
  • Buat tirisan di punggung bandeng, tp jangan sampai ke dalam nanti malah ada beberapa duri yg terpotong. Cukup disayat punggung dengan arah Sayatan dari Ekor ke kepala.
  • Sayat dikit di ekornya agak ke dalam, mengikuti arah duri. Yang penting duri di ekor udah kelihatan dan bisa dijadikan pegangan.
  • Sekarang Pegang Ekor dan kepalanya. Tarik perlahan-lahan ke arah ekor. Ini Penting… KE ARAH EKOR dengan tarikan kuat dan perlahan-lahan. Kalau kurang kuat, kepala bisa agak ditekuk sehingga berbunyi “KREKKK”.
  • Setelah berbunyi, duri akan dengan sendirinya tercabut “hampir” seluruhnya.
  • Sayatan punggung tadi bisa diteruskan lebih ke dalam hingga bandeng terbelah.
  • Bersihkan kotoran bandeng
  • Gunakan penset untuk menghabisi duri-duri halus yg masih tersisa. Sebenarnya sih kalau digoreng duri-duri tersebut udah akan hancur sendiri, tp emang lebih memanjakan mulut kalau betul-betul bersih. Ada sekitar 16 pasang duri halus yg tersisa.

Kesalahan-Kesalahan Pengolahan Bandeng

  • Menyayat dari perut utk menghilangkan kotoran.  Teknik ini akan sering menyebabkan pecahnya empedu di perut ikan, sehingga daging yg tercemar empedu jadi pahit.
  • Memukul-mukul bandeng terlebih dahulu agar duri lunak. Jika teknik ini dipakai, duri bandeng tidak bisa ditarik lagi. Lagipula makin banyak duri yg patah, makin menyusahkan  penemuannya.. hehehe..
Saat pertama teknik ini kuterapin, dibutuhkan waktu 1/2 jam utk satu ekor bandeng. Namun karena tenaga dalam udah makin tinggi, hanya 10 menit utk waktu sekarang.
Selamat menikmati bandeng tanpa duri…
Nyammi…

No comments:

Post a Comment